Apa Manfaat Dari Lutein Dan Lycopene?

Lutein dan lycopene merupakan senyawa karotenoid antioksidan yang membantu memberikan buah dan sayuran berwarna merah, oranye dan kuning, seperti pada warna tomat dan jeruk. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lutein dan lycopene dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara. Untuk menjaga kesehatan maksimal, makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari, pastikan untuk menyertakan sayuran yang kaya lutein dan lycopene.Apa Manfaat Dari Lutein Dan Lycopene?

Pencegahan Kanker

Banyak studi observasional yang dilakukan oleh para ilmuwan dan dokter telah menunjukkan korelasi antara makanan kaya produk tomat dan pengurangan risiko kanker. Karena tomat kaya antioksidan lycopene, banyak ahli percaya bahwa lycopene mungkin memiliki peran dalam mencegah kanker. The American Cancer Society merinci bukti lycopene dalam pencegahan kanker. Sementara konsumsi buah tomat dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat, paru-paru atau perut, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan apakah suplemen lycopene dapat memiliki efek yang sama. Seperti lycopene, sumber makanan lutein juga dapat membantu mencegah kanker usus besar, menurut Memorial Sloan-Kettering Cancer Center.

Pencegahan Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah penyakit mata yang berkaitan dengan usia yang menyebabkan kehilangan penglihatan pada orang tua. The University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa diet kaya sayuran yang mengandung lutein dapat membantu mencegah degenerasi makula. Ada juga beberapa bukti bahwa lutein dalam kombinasi dengan zeaxanthin, antioksidan lain berbasis sayur-pigmen, dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Lycopene makanan juga dapat membantu mencegah degenerasi makula.

Perlindungan Kulit

Lutein, lycopene dan karotenoid lain dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari atau UV. The Bastyr Pusat Kesehatan Natural merangkum studi tentang suplemen digunakan karotenoid dalam mempromosikan kesehatan kulit. Menurut penelitian ini, orang-orang yang mengambil lutein dan lycopene suplemen telah mengurangi kerusakan kulit dan iritasi pada paparan sinar UV. Biro Informasi Lutein menjelaskan bahwa lutein juga dapat membantu melindungi kulit Anda dari polusi dan racun di lingkungan.

Rekomendasi asupan dan Sumber

The Institute of Medicine belum membentuk asupan harian yang direkomendasikan untuk lutein dan lycopene, tetapi memakan 10 miligram setiap hari nutrisi bermanfaat bagi kesehatan Anda, mencatat Linus Pauling Institute.  Tomat matang, tomat mentah, semangka, jeruk merah dan pepaya menawarkan lycopene yang bermanfaat, sedangkan sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung, menawarkan jumlah yang cukup lutein.

Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan lycopene dalam asupan harian Anda, kini telah hadir obat herbal Lycopene softgel dari Green World yang terbuat dari 100% bahan herbal dengan lycopene dan lecithin alami sebagai bahan utamanya. Dengan hadirnya produk ini, tentunya akan mempermudan Anda dalam memenuhi kebutuhkan lycopene harian.

Apa Manfaat Dari Lutein Dan Lycopene?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *