Buah Buahan Penurun Kolesterol Tinggi

Buah Buahan Penurun Kolesterol Tinggi

Buah Buahan Penurun Kolesterol Tinggi – Jumpa lagi dengan kami di www.RumahGreenWorld.com. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai daftar dan khasiat buah buahan penurun kolesterol tinggi. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa benar buah buahan dapat menurunkan kolesterol tinggi? Jawabannya, Ya. Namun, khasiat dari buah buahan ini tidak bereaksi cepat seperti obat penurun koleserol tinggi pada umumnya. Buah buahan akan bekerja menyehatkan tubuh dan secara bertahap mampu menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Apabila anda membutuhkan obat herbal penurun kolesterol yang bagus, cepat dan aman, anda bisa klik Deep Sea Fish Oil Softgel.

Langsung saja kita ke pokok pembahasan. Aneka Buah-Buahan dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itulah, jika anda khawatir terhadap  berbagai dampak kolesterol tinggi, maka mulailah menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi aneka makanan yang sehat bagi tubuh berikut ini :

Buah Buahan Penurun Kolesterol Tinggi

Grapefruit

Buah Buahan Penurun Kolesterol TinggiSebuah studi di Universitas Ibrani Yerusalem dilaporkan pada tahun 2006 oleh American Chemical Society Journal of Agricultural and Food Chemistry,” menunjukkan bahwa orang dengan kolesterol tinggi yang gagal mengkonsumsi obat, mampu menurunkan kadar kolesterol mereka secara signifikan dengan makan satu porsi grapefruit setiap hari selama satu bulan. Kedua jenis grapefruit putih dan merah berhasil menurunkan kolesterol, meskipun grapefruit merah lebih efektif dan juga memiliki efek lebih besar pada tingkat trigliserida. Penulis studi tersebut, yang dipimpin oleh Shela Gorinstein, PhD, berteori bahwa sifat antioksidan jeruk lah  yang bertanggung jawab atas efek penurun kolesterol nya.

Apel

Apel dan buah-buahan lainnya mengandung serat larut, namun apale mempunyai manfaat lebih diantara yang lainnya yang telah terbukti memiliki tingkat low-density lipoprotein rendah, menurut Mayo Clinic. Low-density lipoprotein dianggap kolesterol “jahatkarena mereka membentuk deposito di arteri, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain apel, Mayo Clinic memilih pir dan plum sebagai buah-buahan berserat tinggi lainnya yang dapat menurunkan kolesterol.

Buah Berry

Buah Buahan Penurun Kolesterol TinggiSejumlah penelitian telah menemukan bahwa stroberi, blueberry dan anggota lain dari keluarga berry membantu menurunkan kolesterol LDL. Sebuah studi 2009 oleh A. Basu dan rekan-rekannya di Oklahoma State University, yang hasilnya diterbitkan dalam Journal Nutrition,” menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi strawberry bubuk sebagai minuman mampu menurunkan LDL dan kadar kolesterol total mereka secara signifikan setelah hanya empat minggu. Dalam studi lain di Universitas California Davis, yang hasilnya diterbitkan pada tahun 1998 dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry,” peneliti yang dipimpin oleh Edwin Frankel, PhD, menunjukkan bahwa blackberry, raspberry merah, ceri manis, blueberry dan stroberi semua membantu kadar kolesterol LDL yang lebih rendah.

Baca juga : Khasiat Dan Manfaat Buah Blueberry

Jeruk

Banyak jenis jus jeruk yang diperkaya dengan zat sterol. menurut Mayo Clinic, zat tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 10 persen. Jus jeruk juga telah ditunjukkan dalam studi klinis untuk meningkatkan HDL, atau kolesterol baik. Kadar HDL yang tinggi yang baik untuk kesehatan Anda, karena mampu mengembalikan HDL kolesterol dari arteri kembali ke hati untuk penghapusan. Dalam sebuah penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutritionpada tahun 2000, Elzbieta M. Kurowska dan rekannya menemukan bahwa pria dan wanita yang minum 750 ml jus jeruk sehari menaikkan tingkat HDL mereka sebesar 21 persen. (dikutip dari : www.livestrong.com)

Alpukat

Selama ini ada anggapan bahwa alpukat adalah buah yang mengandung banyak lemak dan tidak baik untuk kesehatan. Alpukat memang mengandung banyak lemak, yaitu sekitar 16 persen. Tetapi lemak pada alpukat adalah lemak yang menyehatkan, karena 63% penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal.

Mengonsumsi alpukat justru akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang sangat buruk bagi kesehatan. Lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pebuluh darah kita dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol LDL (low density lipoprotein).

Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menghambat produksi kolesterol LDL, sehingga otomatis akan mengurangi resiko serangan jantung. Selain pada jeruk nipis, flavonoid juga banyak ditemui pada teh, tomat, brokoli, kedelai, delima, serta bawang merah dan bombay.

Delima

Buah Buahan Penurun Kolesterol TinggiHasil penelitian yang dilakukan National Academy of Sciences (AS) membuktikan bahwa jus delima mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi timbunan plak pada arteri. Kandungan antioksidan pada buah delima kabarnya mencapai tiga kali lipat lebih banyak dibanding anggur merah.

Mangga

Mangga mengandung banyak serat prebiotik yang membantu menurunkan kadar kelesterol jahat dalam darah. Selain serat, ada juga pectin dan vitamin C yang mampu mengikis kolesterol LDL. Vitamin C ini akan mencegah kolesterol LDL teroksidasi, sehingga penumpukan plak dalam pembuluh darah bisa dihindari.

Jambu Merah

Jambu merah merupakan buah penurun kolesterol yang baik. Hal ini karena jambu merah mengandung banyak vitamin dan senyawa baik seperti flavonoid, vitamin C dan E, karotenoid dan selenium. Antioksidan Flavonoid dikenal baik mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Hasil penelitian menujukkan, konsumsi jus jambu merah selama 2 bulan dengan dosis terukur mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 52,64% dari total dan 82,23% LDL. Ini artinya khasiat jambu merah tidak kalah dengan 3,6 mg simvastatin per kg bobot tubuh.

Anggur

Buah anggur mengandung serat dan berbagai jenis senyawa flavonoid dan zat catechin yang berkhasiat menurunkan kolesterol LDL, sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Itulah Buah Buahan Penurun Kolesterol Tinggi yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan anda untuk lebih mengenali khasiat buah buahan penurun kolesterol tinggi. Jika Anda menyukai artikel ini, Silahkan bergabung dengan Rumah Green World di Twitter, Facebook dan Google+. :)

Buah Buahan Penurun Kolesterol Tinggi

Comments (15)

  1. Bunga Asi

    Trims buat artikel yg manfaat banget, ijin buat share ke yang lain ya

    Reply
    1. Pengelola (Post author)

      Ok. Silahkan. 🙂

      Reply
  2. Niken

    Met siang..,saya td cek kolesterol.,kata dokter jgn makan buah alpukat sm duren.,sdgkan byk artikel menyarankan makan alpukat bagi penderita kolesterol.,Mohon penjelasan.,terimakasih

    Reply
  3. riya

    Apakah penderita kolestrol tinggi apa boleh makan alpukat ?

    Reply
    1. Pengelola (Post author)

      Boleh sis : )

      Reply
  4. Dhea

    Thanx infonya min

    Reply
  5. made lingga

    apakah buah pisang dpt menurunkan kolesterol dlm tubuh

    Reply
    1. Pengelola (Post author)

      Iya bisa pak 🙂

      Reply
  6. mi'wan

    kolesterol saya mencapai 280. Buah buahan/sayuran/makanan apa yg paling cepat, efektif dan aman untuk menurunkan kolesterol?

    Reply
  7. ainusafeearofiq

    Klo buah pir boleh nggak ya? Tq.

    Reply
    1. Pengelola (Post author)

      Boleh sis 🙂

      Reply
  8. elia

    Apakaha kolestrol tinggi boleh makan durian atau.minum jus durian?

    Reply
    1. Pengelola (Post author)

      Durian memang sering dikatakan sebagai buah yang harus dihindari. Faktanya buah ini mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Buah durian memang mengandung lemak, tapi lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh dan tidak mengandung lemak jenuh/ trans/ kolesterol sama sekali jadi aman dikonsumsi oleh tubuh ataupun penderita kolesterol. Namun bagi penderita diabetes sebaiknya dihindari karena dapat langsung meningkatkan kadar gula di dalam darah Anda. Terimakasih 🙂

      Reply
  9. Ubek Boy

    Apakah usia muda juga berisiko kelosterol tinggi?

    Reply
    1. Pengelola (Post author)

      Tentu pak. Penyakit ini tidak mengenal usia apalagi saat ini sudah banyak bermunculan produk/jenis makanan yang memicu timbulnya penyakit kolesterol tinggi. Maka dari itu, jika di usia dini sudah kurang memperhatikan pola makan yang sehat, tidak menutup kemungkinan akan menderita kolesterol tinggi walaupun usia masih muda. 🙂

      Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *