Faktor Risiko Penyebab Katarak

Faktor Risiko Penyebab Katarak

Faktor Risiko Penyebab KatarakKita semua beresiko mengalami katarak karena kita semua akan menjadi tua satu hari. Faktor risiko penyebab katarak terbesar adalah Usia. Di Amerika Serikat sekitar 50% dari orang berusia 65 atau lebih memiliki beberapa derajat lensa berkabut. 70% orang Amerika berusia 75 tahun atau lebih memiliki visi mereka secara signifikan dirugikan oleh katarak.

Para peneliti di Institut Eye Wilmer di The Johns Hopkins Medical Institutions, Baltimore memperkirakan pada tahun 2004 bahwa jumlah orang di Amerika Serikat dipengaruhi oleh katarak akan meningkat menjadi 30.100.000 orang dalam waktu 20 tahun, meningkat dari 50 persen, karena orang akan hidup lebih lama.

Faktor Risiko Penyebab Katarak

Faktor-faktor berikut dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena katarak :

  • Usia

Jika diantara kerabat dekat (riwayat keluarga) ada yang memiliki katarak, maka dapat meningkatkan resiko anggota kerabat lainnya untuk terserang penyakit katarak. Maka dari itu, jika diantara kerabat dekat kita menderita katarak, langkah pencegahan dari sekarang merupakan pilihan terbaik.

  • Diabetes

Faktor Risiko Penyebab KatarakPenderita diabetes adalah 2 – 4 kali lebih berpotensi mengembangkan katarak. Karena, lensa kristal menjaga fungsi metabolisme dengan mengambil nutrisi seperti glukosa dan asam amino) dari akueous humor (cairan transparan yang mengisi ruang antara lensa dan kornea). Sedangkan pada penderita diabetes, kadar glukosa pada akueous humor meningkat yang menyebabkan lebih  banyak molekul glukosa diberikan kepada lensa. Proses inilah yang menyebabkan pembengkakan hasil glukosa dalam lensa dan tentunya dapat mempengaruhi struktur protein dan sifat optik.

  • Paparan radiasi pengion, seperti yang digunakan dalam sinar-X dan terapi radiasi kanker

Ilmuwan dari Universitas Islandia melaporkan, Pilot maskapai telah peningkatan risiko katarak nuklir dibandingkan dengan non-pilot, dan risiko yang terkait dengan paparan kumulatif radiasi kosmik.

Baca juga : Biaya operasi katarak

  • Orang yang mengkonsumsi obat jenis statin

Peneliti dari University of Waterloo, Kanada, melaporkan dalam jurnal Optometry and Vision Science bahwa orang-orang yang mengambil obat statin memiliki risiko lebih tinggi terkena katarak terkait usia .

  • Paparan jangka panjang terhadap sinar matahari

3 juta kasus katarak di seluruh dunia katarak dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari. Banyak penelitian menunjukkan korelasi yang kuat antara katarak dan paparan sinar UV. Apalagi dengan menipisnya lapisan ozon, kita harus mengkhawatirkan peningkatan UVB dan peningkatan katarak. Penipisan sebanyak 10% di lapisan ozon menyebabkan peningkatan sebanyak 1,6 – 1,75 juta kasus katarak.

  • Penggunaan jangka panjang steroid

steroidBanyak orang dengan asma yang mengandalkan steroid, seperti yang dilakukan orang-orang dengan penyakit paru obstruktif kronik. Sebuah studi yang dilakukan oleh Pusat Vision Research, University of Sydney, Australia, mengungkapkan bahwa risiko katarak lebih tinggi untuk pasien yang memakai obat ini.

  • Sebelumnya mengalami mata peradangan
  • Sebelumnya mengalami cedera pada mata

Katarak traumatik merupakan katarak yang muncul sebagai akibat cedera  pada mata  yang  dapat merupakan trauma  perforasi ataupun tumpul pada bola mata yang terlihat sesudah beberapa hari ataupun beberapa tahun. Katarak traumatik  ini dapat muncul akut, subakut, atau pun gejala sisa dari trauma mata. Katarak dapat terjadi sebagai akibat trauma tumpul berat. Meskipun katarak terkait cedera jarang terjadi, cedera adalah penyebab utama katarak pada anak-anak.

  • Penderita tekanan darah tinggi

Faktor Risiko Penyebab KatarakTekanan darah tinggi (hipertensi) menyebabkan pembuluh darah mata menyempit, bocor dan mengeras seiring waktu karena tekanan berlebihan dan berkelanjutan terhadap dinding pembuluh darah. Pada beberapa kasus, ini dapat menyebabkan saraf optik membengkak dan mengakibatkan masalah penglihatan.

  • Penggunaan alkohol berat

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa meminum alkohol secara berlebihan memiliki risiko tinggi mengembangkan sejumlah penyakit mata, termasuk mata katarak. Faktanya, sekitar 25 persen orang yang memiliki katarak merupakan orang yang usianya di bawah 65 tahun dan diketahui sebagai peminum alkohol berat.

  • Merokok

Menurut Yuan Ye dari Institute of Ophthalmology di Zheijang University of China. Setelah mengamati 12 kelompok dari data delapan penelitian dari Afrika, Asia, Australia, Eropa, dan Amerika Utara. Peneliti menemukan bahwa kebiasaan merokok, baik pada mantan perokok atau orang yang masih menjalankan kebiasaan merokok, berkaitan dengan katarak pada usia tua. Risiko semakin tinggi pada perokok yang tidak menghentikan kebiasaanya.

  • Kegemukan
  • Paparan timah

Ilmuwan dari Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan, USA mengungkapkan bahwa paparan timbal dalam jangka lama dapat meningkatkan risiko terkena katarak.

Itulah beberapa Faktor Risiko Penyebab Katarak yang wajib diketahui. Akan sangat berarti jika kita memperhatian beberapa faktor risiko diatas untuk kesehatan kita. Bagi Anda yang membutuhkan suplemen untuk kesehatan mata kini telah hadir Obat herbal Eye Care Softgel yang mampu bekerja efektif baik untuk pencegahan maupun pengobatan katarak. Terbuat dari 100% herbal dengan ekstrak blueberry sebagai bahan utamanya telah terbukti dan teruji khasiatnya. Info lengkap klik Obat Katarak

Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan anda dalam merawat, melindungi maupun mengobati mata Anda dengan mudah dan efektif. Jika Anda menyukai artikel ini, Silahkan bergabung dengan Rumah Green World di Twitter, Facebook dan Google+. :)

Faktor Risiko Penyebab Katarak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *