Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil | Rumah Green World

Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil

Beautiful smiling pregnant woman is on kitchen with plate of fresh vegetablesKebutuhan Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil – Selama kehamilan, ada peningkatan kebutuhan vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya dapat diberikan melalui beragam nutrisi, termasuk sayuran, buah-buahan, daging, ayam, ikan, susu, kacang-kacangan dan biji-bijian. Kadang-kadang gizi saja tidak dapat menyediakan jumlah yang diperlukan, dan suplemen makanan harus diambil (dalam konsultasi dengan dokter atau ahli gizi). Minyak ikan salmon Deep Sea Fish Oil merupakan salah satu minyak ikan yang baik untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Info lengkap klik Disini

Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil

B12

Vitamin B12 merupakan vitamin yang terlibat dalam membangun sistem saraf janin dan bangunan jaringan dari protein. Karena satu-satunya sumber vitamin ini adalah hewani seperti daging, ikan, susu dan telur. Vitamin ini dianjurkan bagi wanita yang mengikuti diet vegetarian atau naturalis memeriksa tingkat B12 dalam darah mereka dan mengambil suplemen makanan yang diperlukan.

Baca juga : Manfaat Minyak Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil

Asam Folat

Asam Folat sangat penting bagi perkembangan otak dan sistem saraf janin, yang berkembang selama minggu pertama kehamilan. Memenuhi kandungan Asam folat yang diambil sebelum masa kehamilan mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin. Maka dari itu, Departemen Kesehatan menyarankan setiap wanita usia subur, terutama sebelum dan selama kehamilan, untuk mengambil setiap hari 400 mg suplemen asam folat. Pada bulan ke-4 kehamilan, ini harus diganti dengan persiapan gabungan dari 100 mg zat besi dan 5 mg asam folat, sampai akhir kehamilan. Hal ini juga dianjurkan untuk makan makanan yang kaya akan asam folat, seperti: kacang-kacangan, kenari, sayuran hijau berdaun-(selada, seledri, kubis), kembang kol, brokoli, hati, dan buah jeruk

Zat Besi

Zat Besi merupakan mineral penting untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah ibu dan janin. Selama paruh kedua kehamilan, kebutuhan zat besi meningkat karena volume darah meningkat. Janin menyerap zat besi yang dibutuhkan dari tubuh ibu hamil. Kurangnya zat besi bertanggung jawab untuk menyebabkan anemia, yang dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, kelemahan dan kelelahan berlebih pada ibu hamil. Wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti daging sapi, kalkun, ikan, kacang-kacangan dan almond, dan sarapan sereal yang diperkaya dengan zat besi.

Baca juga : Buah Buahan Untuk Penderita Darah Tinggi

Hal ini penting untuk mengetahui bahwa zat besi dari sumber hewani diserap lebih baik dibanding zat besi dari sumber nabati. Makanan kaya vitamin C (jeruk, tomat, paprika, kiwi) meningkatkan penyerapan zat besi, dan dianjurkan untuk makan mereka dalam hubungannya dengan makanan kaya zat besi – misalnya, lauk salad hijau berpakaian dengan jus lemon segar bersama hidangan utama daging dan kacang-kacangan. Ibu hamil juga dianjurkan mengurangi konsumsi teh, kopi dan cola yang mengandung kafein  karena dapat menghambat penyerapan zat besi.

Karena tidak mungkin untuk mendapatkan semua zat besi yang diperlukan dari makanan saja, Departemen Kesehatan merekomendasikan 100 mg suplemen zat besi harian dari minggu ke-9 kehamilan, yang akan diambil sampai 6 minggu setelah melahirkan. Mengambil suplemen zat besi dapat dikenakan untuk mengurangi tingkat seng pada ibu hamil. Zinc diperlukan untuk penyerapan yang lebih baik dari asam folat, dan memainkan bagian dalam pertumbuhan dan pembelahan sel dalam tubuh. Oleh karena itu disarankan bahwa wanita yang menggunakan dosis tinggi zat besi, memperkaya diet mereka dengan daging, ayam, ikan, biji-bijian, kacang walnut dan biji gandum, yang kaya akan seng.

Baca juga : Buah Buahan Penurun Kolesterol Tinggi

Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh janin untuk membangun tulang dan gigi, untuk mekanisme konduksi saraf, dan kontraksi otot. Pasokan kalsium yang tepat juga penting untuk kesehatan gigi ibu, tulang dan pembekuan darah, dan kemungkinan akan membantu mencegah hipertensi. Kebutuhan kalsium meningkat selama kehamilan, dan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium menjadi lebih efektif.

Jumlah yang disarankan kalsium bagi ibu hamil tidak berbeda dengan untuk semua wanita – 1.000 – 1.200 mg per hari, yang dapat diperoleh 4-5 porsi dari kelompok susu (lihat kelompok makanan di bawah ini). Dianjurkan untuk memilih produk susu yang diperkaya kalsium dan rendah lemak (sampai 5% lemak). Sumber lain kalsium termasuk susu kalsium diperkaya kedelai, sayuran hijau berdaun-, sarden dan tehina. Wanita yang tidak makan produk susu atau makanan lain yang mengandung kalsium harus mempertimbangkan untuk mengambil suplemen kalsium dan vitamin D.

Vitamin C

sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C membantu bayi mengembangkan jaringan tubuh. Vitamin C juga mendukung penyerapan zat besi. Contoh buah dan sayuran yang mengandung vitamin C: melon, jeruk, pepaya, tomat, lada, kubis, brokoli, cranberry, dll. (sumber : lang.meuhedet.co.il)

Itulah Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan anda untuk lebih mengenali khasiat buah buahan penurun kolesterol tinggi. Jika Anda menyukai artikel ini, Silahkan bergabung dengan Rumah Green World di Twitter, Facebook dan Google+. :)

Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *