14 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi | Rumah Green World

14 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

14 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

14 Makanan Penurun Kolesterol TinggiPernahkah anda berfikir untuk menurunkan kolesterol tinggi dengan makanan? Kini anda mampu menurunkan kolesterol tidak hanya mengandalkan obat saja, karena banyak makanan sehari hari yang tidak kita sadari mampu menurunkan kolesterol secara alami. Beberapa makanan penurun kolesterol tinggi ini mampu menurunkan kolesterol “jahat” LDL dan meningkatkan kolesterol “baik” HDL. Mungkin Anda dapat mencobanya sebagai makanan sehat pendamping olahraga rutin Anda. Inilah cara mudah menurunkan kolesterol tinggi.

Berikut ini adalah makanan penurun kolesterol tinggi yang dapat membantu anda untuk menurunkan kolesterol secara alami :

1. Gandum dan Jelai

Biji-bijian ini adalah salah satu sumber terbaik dari serat larut yang menghambat kemampuan tubuh Anda untuk menyerap kolesterol dan “teman terbaik Anda untuk menurunkan kolesterol LDL,” kata juru bicara American Dietetic Association Ximena Jimenez, MS, RD. Serat larut yang mengandung gandum dan barley sangat kuat dalam menurunkan kolesterol. Makan gandum dengan setidaknya 3 gram serat larut setiap hari, dapat menurunkan LDL dan kolesterol total sebesar 5 sampai 10 persen.

NCEP merekomendasikan mengkonsumsi setidaknya 5 sampai 10 gram serat larut setiap hari sebagai bagian dari diet TLC, tapi 10 sampai 25 gram sehari adalah lebih baik.

2. Buncis Dan Kacang Kacangan

Buncis, kacang polong, lentil, dan kacang tanah juga merupakan sumber serat larut yang sangat bagus untuk penurunan kolesterol. Setiap setengah cangkir kacang lima masak menyediakan 3,5 gram. Salah satu studi dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa mengkonsumsi setengah cangkir kacang pinto kering (2 gram serat larut) setiap hari selama 12 minggu mengalami penurunan kolesterol LDL sekitar 7 persen. TLC diet merekomendasikan 3-5 setengah cangkir porsi harian sayuran, kacang-kacangan kering, atau kacang-kacangan lainnya.

3. Teh Hijau

Selain untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Menurut meta-analisis baru dari 14 studi, teh hijau secara signifikan mengurangi total kadar kolesterol dan LDL (dengan 7.20 mg / dL dan 2.19 mg / dL, masing-masing). Dalam beberapa studi peserta minum teh hijau ataupun mengambil suplemen teh hijau.

Jimenez menyarankan meminum 1-2 cangkir 8 ons setiap hari. Juga, perlu diingat bahwa teh hijau mengandung kafein yang tinggi (ada juga versi tanpa kafein), sehingga Anda tidak perlu berlebihan, terutama terlalu dekat dengan waktu tidur.

4. Minyak tak jenuh

Kita tau bahwa mentega dan lemak padat lainnya meningkatkan kolesterol, namun perlu anda ketahui juga lemak tak jenuh dalam minyak membantu menurunkan kolesterol. Lemak tak jenuh ganda, yang ditemukan terutama di jagung, safflower, wijen, kedelai, dan minyak bunga matahari, memangkas kolesterol LDL. Lemak tak jenuh tunggal, yang ditemukan terutama dalam zaitun, alpukat, dan minyak canola, tidak hanya menurunkan LDL, tetapi juga dapat meningkatkan HDL. Untuk itu cobalah ganti minyak goreng anda dengan minyak tak jenuh. Selain itu, kami juga telah membahas sebelumnya tentang manfaat minyak ikan untuk menurunkan kolesterol.

5. Ikan sardin

Ikan sardin memiliki sangat banyak kandungan omega 3, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan bertindak sebagai anti peradangan. Selain ikan sardin, ikan tuna dan salmon juga kaya akan omega 3. Hindari mengolah ikan dengan menggorengnya karena dapat mengurangi kandungan bermanfaat didalamnya. Disarankan untuk mengonsumsi dua porsi ikan tersebut setiap minggunya.

6. Kacang kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal. Makan 1 ons kacang apa saja setiap hari selama satu bulan dapat menurunkan kolesterol LDL sebesar 8 sampai 20 persen.

7. Tanaman Sterol atau makanan stanol Fortified

Senyawa tanaman ini ditemukan secara alami dalam jumlah kecil dalam buah-buahan tertentu dan sayuran, minyak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian. Dalam jumlah yang lebih tinggi dalam makanan dibentengi tertentu. Mereka membantu mencegah kolesterol dari yang diserap, yang dapat menurunkan LDL tanpa berdampak negatif pada kolesterol HDL. Makan 2 gram sehari dapat membantu tingkat yang lebih rendah LDL sebesar 5 sampai 15 persen.

8. Kedelai

Kedelai tinggi serat, rendah lemak jenuh, dan bebas kolesterol hanya protein nabati lengkap, yang berarti itu swap yang sama untuk sumber hewani seperti daging dan susu. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2010 di The Journal of Nutrition menemukan bahwa makan kedelai setiap hari dan menambahkannya ke makanan Anda untuk menggantikan makanan tinggi lemak jenuh dapat membantu menurunkan kolesterol LDL hampir 8 sampai 10 persen.

9. Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C. Selain itu, jeruk mengandung zat yang disebut dengan pektin sehingga masuk keadalam barisan buah buahan penurun kolesterol tinggi. Sama seperti jenis serat larut lainnya, pektin dapat membentuk massa yang melekat pada perut dan menahan kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh sebelum diserap ke dalam aliran darah. Selain memiliki kandungan serat, juga terdapat vitamin C, folat dan potassium.

10. Anggur merah

Anggur merah sangat bermanfaat karena antioksidan polifenol yang mungkin dapat menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, jus anggur dapat memberikan beberapa manfaat jantung sehat yang sama.

Untuk jus anggur, Smithson menunjukkan 8 ons per hari dari jus anggur ungu bagi perempuan dan 16 ons sehari untuk pria. Tidak perlu ditambah gula. Anda juga dapat camilan ungu atau merah anggur, yang mengandung antioksidan yang sama dengan manfaat tambahan serat.

11. Buah Delima

Selain rasanya yang enak, buah delima juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi penimbunan plak pada arteri.

12. Cokelat

Ini merupakan kabar baik bagi anda penggemar coklat. Meta-analisis dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi coklat menurunkan kolesterol LDL lebih dari 5 mg / dL pada orang yang berisiko penyakit jantung. Kebanyakan penelitian berlangsung sekitar satu bulan dan melihat efek dari coklat gelap dan coklat bubuk. Namun penulis penelitian mengingatkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah efek terakhir atau berapa banyak makan untuk mencapai hasil.

Baca juga : 8 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

13. Tomat

Buah tomat sangat dikenal untuk melawan kanker. Selain itu tomat juga dapat membantu mengurangi kolesterol. Sebuah 2011 metaanalisis dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Maturitas mengungkapkan bahwa mengkonsumsi 25 miligram lycopene (antioksidan yang memberikan pigmen merah tomat mereka) setiap hari dapat mengurangi LDL sekitar 10 persen.

14. Bawang putih

Selain baik untuk menurunkan kadar kolesterol, bawang putih juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit berbahaya lainnya. Cukup konsumsi satu siung bawang putih segar setiap harinya untuk menurunkan kolesterol.

(dikutip dari : www.everydayhealth.com)

Rekomendasi

Jika makanan penurun kolesterol tinggi diatas tidak memberikan efek positif pada kadar kolesterol anda, kini telah hadir suplemen minyak ikan yang mampu menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat dan aman. Terbuat dari minyak ikan salmon asli Noorwegia yang terkenal dengan tinggi kandungan omega 3-nya. Hingga kini telah banyak masyarak yang terbantu dengan hadirnya suplemen minyak ikan ini. Info lengkap klik Deep Sea Fish Oil Softgel Green World

Itulah pembahasan mengenai 14 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai manfaat makanan di sekeliling kita. Jika Anda menyukai artikel ini, Silahkan bergabung dengan www.rumahgreenworld.com di Twitter, Facebook dan Google+. :)

 14 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *