Manfaat Riboflavin Untuk Kesehatan Mata | Rumah Green World

Manfaat Riboflavin Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Riboflavin Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Riboflavin Untuk Kesehatan Mata

Makanan Yang Mengandung Riboflavin (Vitamin B2)

Manfaat Riboflavin Untuk Kesehatan Mata – Riboflavin atau yang juga dikenal dengan Vitamin B2, merupakan salah satu dari 8 vitamin B. Semua vitamin B bermanfaat membantu tubuh untuk mengubah makanan (karbohidrat) menjadi bahan bakar (glukosa), yang “dibakar” untuk menghasilkan energi. Vitamin B ini, sering disebut vitamin B kompleks, juga membantu memetabolisme lemak tubuh dan protein. Vitamin B kompleks yang diperlukan untuk kesehatan kulit, rambut, mata, dan hati. Juga membantu fungsi sistem saraf dengan benar.

Riboflavin dapat ditemukan dalam makanan tertentu seperti susu, daging, telur, kacang-kacangan, tepung diperkaya, dan sayuran hijau. Riboflavin sering digunakan dalam kombinasi dengan vitamin B lainnya dalam produk vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks umumnya termasuk vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin / niacinamide), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B12 (cyanocobalamin), dan asam folat.

Semua vitamin B yang larut dalam air, yang berarti bahwa vitamin ini tidak mengendap dalam tubuh.

Selain menghasilkan energi bagi tubuh, riboflavin juga bekerja sebagai antioksidan dengan memerangi partikel yang bersifat merusak dalam tubuh yang dikenal sebagai radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel dan DNA, dan dapat berkontribusi pada proses penuaan, serta pengembangan sejumlah kondisi kesehatan, seperti penyakit jantung dan kanker. Antioksidan seperti riboflavin dapat melawan radikal bebas dan dapat mengurangi atau membantu mencegah beberapa kerusakan yang diakibatkannya. Beberapa orang menggunakan riboflavin untuk kondisi mata termasuk kelelahan mata, katarak, dan glaukoma.

Riboflavin juga dibutuhkan untuk membantu perubahan tubuh vitamin B6 dan folat menjadi bentuk yang dapat digunakan. Hal ini juga penting untuk pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah.

Kebanyakan orang sehat yang makan diet seimbang cukup riboflavin. Namun, orang tua dan pecandu alkohol mungkin beresiko untuk kekurangan riboflavin karena pola makan yang buruk. Gejala defisiensi riboflavin antara lain kelelahan, pertumbuhan melambat, masalah pencernaan, retak dan luka di sekitar sudut-sudut mulut, lidah bengkak magenta berwarna, kelelahan mata, pembengkakan dan nyeri tenggorokan, dan sensitivitas terhadap cahaya.

Manfaat Riboflavin Untuk Kesehatan Mata Katarak

Riboflavin merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata. Orang yang makan lebih banyak riboflavin sebagai bagian dari diet mereka tampaknya memiliki risiko lebih rendah menderita katarak. Juga, mengambil suplemen yang mengandung riboflavin ditambah niasin tampaknya membantu mencegah katarak.

Beberapa bukti awal menunjukkan bahwa riboflavin dapat membantu mencegah katarak – kerusakan pada lensa mata, yang dapat menyebabkan penglihatan berawan. Dalam satu double-blind, placebo-controlled, orang-orang yang mengambil suplemen niacin dan riboflavin memiliki katarak kurang dari orang-orang yang mengambil vitamin dan nutrisi lainnya. Namun, para peneliti tidak tahu apakah itu karena untuk riboflavin, niacin, atau kombinasi dari keduanya. Dan tingkat di atas 10 mg per hari riboflavin benar-benar dapat mempromosikan kerusakan mata dari sinar matahari. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah riboflavin benar-benar dapat membantu dalam mencegah katarak. (sumber umm.edu)

Manfaat Riboflavin Untuk Kesehatan Mata Merah

Menurut Suzy Cohen, Apoteker AKA Amerika mengatakan  “Kadang-kadang orang dengan mata merah diakibatkan kekurangan riboflavin ( vitamin B2 ). Kekurangan menyebabkan cahaya-sensitivitas , penglihatan kabur , berair / sakit mata dan luka mulut. Mata merah juga terjadi pada orang dengan sleep apnea, berlama lama menggunakan komputer, dan orang-orang yang tinggal di dataran tinggi .” (dikutip dari qsciences.digi-info-broker.com)

Kolagen kornea silang (CXL) dikembangkan pada tahun 1998 oleh Theo Seiler, MD, dan telah terbukti dalam berbagai uji klinis untuk memperkuat permukaan yang jelas mata ( kornea ) melalui penerapan riboflavin, suatu bentuk vitamin-B2, diikuti oleh pengobatan dengan ultraviolet A (UV-A) cahaya

Di Eropa, formulasi riboflavin khusus telah dikembangkan yang membantu memfasilitasi transepitelial CXL, disebut Ricolin TE. Di Amerika Serikat, para peneliti mengevaluasi efektivitas transepitelial CXL, dan sampai saat ini peneliti telah melaporkan hasil visual yang mirip dengan orang-orang dari epitel-off CXL.
Silang dengan riboflavin dan UV-A cahaya telah terbukti menjadi pengobatan lini pertama untuk orang dengan kondisi mata seperti keratoconus , degenerasi marjinal bening dan kelemahan kornea (ectasia) setelah LASIK .

Sementara silang digunakan di hampir setiap negara di seluruh dunia, masih dalam FDA proses persetujuan di Amerika Serikat. Kedua Avedro dan Topcon bekerja untuk mendapatkan merek mereka riboflavin tetes dan sumber cahaya UV yang disetujui oleh FDA. Selain itu, banyak uji klinis tunggal pusat dan multicenter lainnya mengevaluasi CXL di AS.(dikutip dari www.allaboutvision.com)

Pertimbangan

Tahukah Anda? Kini telah hadir produk kesehatan mata alami berkualitas tinggi yang menggunakan Riboflavin sebagai salah satu komposisinya. Produk herbal tersebut yaitu Eye Care Softgel. Salah satu produk unggulan Green World yang diformulasikan khusus bagi Anda yang mempunyai masalah dengan organ mata / penglihatan. Selain Riboflavin, Eye Care Softgel juga menggunakan bahan bahan herbal lainnya yang direkomendasikan oleh para ahli terkemuka berbasis penelitian Amerika Serikat. Info lengkapnya klik Eye Care Softgel

Itulah penjelasan mengenai Manfaat Riboflavin Untuk Kesehatan Mata. Jika Anda menyukai artikel ini, Silahkan bergabung dengan Rumah Green World di Twitter, Facebook dan Google+. :)

Manfaat Riboflavin Untuk Kesehatan Mata

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *