Mengenal Minyak Ikan Dan Manfaatnya

Mengenal Minyak Ikan Dan Manfaatnya

Apa Itu Minyak Ikan?

Mengenal Minyak Ikan Dan ManfaatnyaMengenal Minyak Ikan Dan Manfaatnya – Minyak ikan berasal dari jaringan ikan berlemak, khususnya jaringan lemak ikan, seperti ikan trout, mackerel, tuna, herring, sarden, dan salmon. Yang paling banyak ditemukan adalah minyak ikan salmon. Minyak ikan sangat menarik ahli gizi dan profesional perawatan kesehatan karena mengandung bahan utama kedua jenis asam lemak Omega-3: DHA (docosahexaenoic acid), dan EPA (eicosapentaenoic acid).

Fillet ikan berminyak mengandung hingga 30% minyak, angka ini dapat bervariasi. Di sisi lain, Ikan putih, hanya mengandung konsentrasi tinggi minyak dalam hati, dan memiliki minyak jauh lebih sedikit. Selain asam lemak omega-3, ikan berminyak juga merupakan sumber yang baik dari vitamin A dan D. Whitefish juga mengandung nutrisi, tetapi konsentrasi yang jauh lebih rendah.

Para ahli kesehatan umumnya memberitahu orang-orang bahwa ikan berminyak memiliki manfaat kesehatan lebih dari ikan putih. Namun, rekomendasi mereka tidak pernah dibuktikan secara ilmiah dalam studi populasi yang besar.

Banyak otoritas kesehatan di seluruh dunia menyarankan orang untuk mengkonsumsi baik banyak ikan berminyak atau mengambil suplemen minyak ikan, karena mempunyai manfaat kesehatan yang sangat baik. Studi selama sepuluh tahun terakhir telah menghasilkan hasil yang beragam tentang manfaat dari asupan minyak ikan.

Baca juga : Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesuburan Wanita

Apa Itu Asam Lemak Omega-3?

Asam lemak Omega-3 adalah tipe lemak yang biasa ditemukan dalam minyak tumbuhan dan ikan laut. Ada dua jenis yang berlimpah dalam ikan berlemak:

  • Eicosapentaenoic acid (EPA) adalah asam lemak Omega-3 yang ditemukan dalam ikan berlemak. Ketika kita berbicara tentang asam lemak omega-3 dalam ikan, kita biasanya mengacu pada EPA.

EPA adalah prekursor prostaglandin-3, agregasi platelet inhibitor, tromboksan-2 dan leukotrien-5. Ikan tidak menghasilkan EPA, mereka mendapatkannya dari alga yang mereka makan.

  • DHA (docosahexaenoic acid) adalah asam lemak omega-3 yang merupakan komponen utama dari retina manusia (dalam mata), sperma, dan cerebral cortex (otak).

40% dari semua asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) di otak terdiri dari DHA. DHA membuat 60% dari PUFA di retina. Setengah dari berat membran plasma neuron terdiri dari DHA. ASI juga kaya akan DHA.

Manfaat Minyak Ikan Menurut Penelitian Para Ahli

Mengenal Minyak Ikan Dan ManfaatnyaSelama sepuluh tahun terakhir, telah ada puluhan studi tentang minyak ikan dan omega-3. Minyak ikan dikatakan memiliki beberapa manfaat kesehatan, antara lain:

  • Mencegah kanker prostat

minyak ikan mengurangi risiko pria terkena kanker prostat jika mereka mengikuti diet rendah lemak, satu penelitian menemukan, sementara yang lain terkait omega-3 tingkat untuk risiko lebih tinggi terkena kanker prostat agresif. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa minyak ikan omega meningkatkan risiko kanker prostat . Para penulis, dari Fred Hutchinson Cancer Research Center melaporkan bahwa asupan minyak ikan yang tinggi meningkatkan risiko bermutu tinggi kanker prostat sebesar 71% dan semua kanker prostat sebesar 43%.

  • Mencegah Depresi pasca melahirkan

Dr Michelle Harga Hakim, dari University of Connecticut School of Nursing, mengatakan setelah melakukan penelitian pada tahun 2011 “Konsumsi DHA selama kehamilan pada tingkat yang yang cukup diperoleh dari makanan memiliki potensi untuk mengurangi gejala depresi postpartum . “

  • Manfaat kesehatan mental

Minyak ikan membantu orang muda dengan masalah perilaku, terutama mereka yang memiliki ADHD 5.

  • Meningkatkan memori

Para peneliti melaporkan dalam jurnal PLoS One (edisi Oktober 2012), Peningkatan kerja memori dapat meningkatkan pada orang yang sehat jika mereka meningkatkan asupan asam lemak Omega-3 mereka.

  • Mencegah penyakit Alzheimer

Penelitian yang dibuat selama bertahun-tahun mengklain bahwa konsumsi minyak ikan secara teratur akan membantu mencegah orang dari penyakit Alzheimer. Sebaliknya, penelitian yang diterbitkan dalam Neurology pada tahun 2007 melaporkan bahwa mengkonsumsi minyak ikan omega-3 minyak, buah dan sayuran mengurangi demensia dan risiko Alzheimer .

  • Mencegah Kebutaan

Menurut peneliti Kanada dilaporkan dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science. Seseorang yang mencukupi konsumsi DHA pada makanan hariannya dapat terlindung dari penyakit kehilangan penglihatan yang berkaitan dengan usia.

Baca juga : Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Mata

  • Manfaat Bagi Ibu Hamil

omega-3 konsumsi meningkatkan perkembangan kognitif dan motorik janin – ilmuwan dari L’Université Laval menemukan bahwa omega-3 konsumsi oleh ibu selama tiga bulan terakhir kehamilan meningkatkan sensorik, perkembangan kognitif dan motorik bayinya.

Perkembangan terakhir tentang penelitian manfaat minyak ikan dari berita MNT

  • Minyak omega melindungi jantung dari stres mental. Sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology – Peraturan, Integratif, dan Perbandingan Fisiologi mengungkapkan bahwa orang-orang yang mengambil suplemen minyak ikan selama lebih dari sebulan, mampu mengurangi tingkat stres pada pengukuran kesehatan jantung dibandingkan mereka yang tidak.
  • Omega-3 minyak ikan ‘dapat mengurangi frekuensi kejang bagi pasien epilepsi’ . Sebuah studi baru mengklaim epilepsi pasien dapat mengurangi frekuensi kejang dengan mengkonsumsi dosis rendah omega-3 minyak ikan setiap hari.

Tim peneliti di University of California Los Angeles-(UCLA) School of Medicine, mengatakan temuan mereka mungkin sangat berguna untuk pasien epilepsi yang tidak lagi merespons obat. Mereka menerbitkan temuan mereka dalam Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry.

Apakah Suplemen Minyak Ikan Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung?

Para ahli dan anggota masyarakat umum percaya bahwa konsumsi tinggi omega-3 minyak memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Namun, penelitian telah menghasilkan hasil yang beragam.

  • Tidak ditemukan manfaat minyak ikan bagi jantung – review 20 studi yang berbeda diterbitkan dalam JAMA (Journal of American Medical Association), yang melibatkan hampir 70.000 orang, mengejutkan tidak menemukan bukti kuat yang menghubungkan suplemen minyak ikan dengan penurunan risiko serangan jantung , stroke yang atau kematian dini.
  • Ditemukan manfaat minyak ikan bagi jantung – sebuah studi 2011, dilakukan oleh para peneliti di Michigan Technological University, menemukan bahwa konsumsi minyak ikan dapat meningkatkan aliran darah dengan mengurangi kadar trigliserida, serta memperlambat laju pertumbuhan plak aterosklerotik, sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung.
  • Minyak ikan membantu pasien dengan pemasangan stent di arteri mereka . Orang dengan stent dalam hati mereka yang mengambil dua obat pengencer darah serta omega-3 asam lemak yang ditemukan memiliki risiko yang lebih rendah dari serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak emngkonsumsi minyak ikan.

Apakah tingkat penyakit jantung di Jepang yang rendah dikaitkan dengan tingginya konsumsi minyak ikan?

Mengenal Minyak Ikan Dan ManfaatnyaPara peneliti dari University of Pittsburgh Graduate School of Public Health berangkat untuk menentukan mengapa insiden penyakit jantung di Jepang jauh lebih rendah daripada di Amerika Serikat, Kanada, Eropa Barat dan Australasia.

Mereka melaporkan dalam Journal of American College of Cardiology pada bulan April 2008, bahwa konsumsi ikan omega-3 kaya di Jepang jauh lebih tinggi daripada di negara-negara maju lainnya. Para penulis percaya bahwa konsumsi lebih besar dari minyak ikan di Jepang adalah penyumbang utama yang penyebab rendahnya tingkat penyakit jantung.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa perbedaan tidak dapat dijelaskan oleh faktor genetik. Generasi ketiga dan keempat Jepang-Amerika memiliki tingkat yang sama baik atau lebih tinggi dari pengerasan arteri ( aterosklerosis ) dari sisa penduduk AS. Aterosklerosis merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Penulis studi Akira Sekikawa, MD, Ph.D., mengatakan:

“Studi kami menunjukkan bahwa tingkat yang sangat tinggi dari asam lemak omega-3 memiliki sifat yang kuat yang dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol dalam arteri. Meningkatkan asupan ikan dua kali seminggu untuk orang-orang yang sehat saat ini direkomendasikan di AS Studi kami menunjukkan banyak asupan lebih tinggi dari ikan yang diamati di Jepang mungkin memiliki efek anti-aterogenik yang kuat. “

Baca juga : Manfaat Minyak Ikan Untuk Kolesterol Tinggi

Laki-laki dewasa di Jepang mengkonsumsi sekitar 3,75 ons (100 gram) ikan setiap hari. Namun, Rekan-rekan di AS makan ikan tidak lebih dari dua kali seminggu.

Penduduk Amerika Utara kekurangan minyak omega-3

Peneliti dari University of British Columbia dilaporkan dalam American Journal of Nutrition pada tahun 2008. Amerika dan Kanada makan terlalu banyak daging dan tidak cukup ikan,

Para penulis menambahkan bahwa gaya hidup di Amerika Utara tidak mendapatkan jumlah yang cukup dari makanan asam lemak omega-3. Mereka menekankan bahwa wanita hamil dan menyusui sangat perlu untuk memastikan mereka mengkonsumsi banyak minyak omega-3 seperti minyak ikan.

Baca juga : Manfaat Minyak Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil

Mereka menemukan bahwa bayi perempuan Amerika Utara tidak mendapatkan hasil yang baik pada saat tes mata jika mereka kekurangan asam lemak omega-3 saat mereka hamil.

Berikut ini makanan yang kaya akan asam lemak omega-3:

  • Ikan berminyak – teri, herring, sarden, salmon, trout, dan makarel.
  • Spirulina
  • Kenari
  • Telur (terutama orang-orang yang memiliki “tinggi omega-3 yang ditulis pada shell)
  • Biji chia
  • Kemangi segar
  • Sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam.
  • Tarragon kering

Untuk mendapatkan minyak ikan dengan kualitas terbaik, kami rekomendasikan Deep Sea Fish Oil Softgel dari Green World yang telah terbukti dan teruji khasiatnya. Minyak ikan salmon terbaik yang terbuat dari bahan dasar ikan salmon Noorwegia dari kualitas terbaik. Hingga kini telah di jual di 20 negara sebagai minyak ikan yang telah mendapatkan sertifikat FDA, ISO dan HCCP. Dan di Indonesia sendiri, Deep Sea Fish Oil telah mendapat seritifkat resmi dari BPOM RI dan MUI. Info lengkap klik gambar dibawah ini!

mengenal minyak ikan dan manfaatnya

Itulah pembahasan mengenai Mengenal Minyak Ikan Dan Manfaatnya yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai khasiat produk Green World. Jika Anda menyukai artikel ini, Silahkan bergabung dengan www.rumahgreenworld.com di Twitter, Facebook dan Google+. :)

Mengenal Minyak Ikan Dan Manfaatnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *